Honda CBR 150R Facelift 2016: Review Lengkap, Harga Dan Spesifikasi

shares |

Honda CBR 150R Facelift 2016: Review Lengkap, Harga Dan Spesifikasi

Lungo.id – Di tahun 2016 Pasar otomotif Indonesia semakin ramai. Terbukti dari perusahaan-perusahaan otomotif raksasa mulai menyerang Indonesia dengan varian otomotif yang baru dan mutahir.  Sebagai contoh, perusahaan asal negri sakura PT Astra Honda Motor (AHM) mengeluarkan produk motor sport All New Honda CBR 150R Facelift yang resmi mendarat di Indonesia pada tanggal 14 Febuari 2016. Motor yang juga dikenal dengan Honda CBR 150R Facelift 2016 ini mempunyai spesifikasi, penampakan, dan performa yang mumpuni daripada pendahulunya Honda CBR 150R 2015. Banyak yang berubah lhoh bro-sist dari pendahulunya mulai dari rangka atau frame, body, mesin, kaki-kaki, desain, serta harga berbeda. Namun disamping itu, tetap saja ada beberapa kekurangan yang menjadikan motor ini kurang maksimal gantengnya. Oke mari kita review lengkap  kelebihan, kekurangan, harga dan penampakan motor Honda CBR 150R terbaru ini.

Body Honda CBR 150R Facelift 2016

Dilihat dari body, motor pabrikan honda ini mempunyai tampilan sporty ala MotoGP. Mulai dari depan, All New Honda CBR150R tampil lebih rendah dan ramping sehingga memberikan pandangan lebih bebas. Selain itu jika dilihat body yang berada di dekat headlamp mempunyai bentuk seperti paruh dari front crowl yang sangat macho. 
Body Honda CBR 150R Facelift 2016, modifikasi Honda CBR 150R Facelift 2016
Diantara tangki BBM dan mesin, di motor Honda CBR 150R Facelift ini terlihat semacam assesoris yang membuat body motor ini terlihat lebih padat dan tidak kosong melompong, coba bandingkan dengan pendahulunya, tembus pandang bro! Lalu kita pindah ke bagian body  tangki BBM, terlihat lebih ramping dan tidak selebar pendahulunya, sangat pas di jepitan kaki saat mengendarai motor ini, pemangkasan bentuk tangki BBM ini berfungsi mengurangi beban motor. Worth it banget! Secara keseluruhan body dari honda CBR150R Facelift ini memiliki bentuk meruncing dan menunduk kebawah, mulai dari jok, strip, headlamp, tangki bahan bakar yang lebih ramping.

Jok Motor Honda CBR 150R Facelift

Jok motor Honda CBR 150R Facelift 2016

Oke sekarang kita review dari jok atau seater motor sport ini. Seperti pada umumnya motor sport, disini terdapat penampakan dua jok motor yang bertingkat. Untuk jok motor boncenger terlihat cukup landai yang tertutup oleh sisi dalam frame body motor, terlihat lebih simple dan cukup rapi walaupun jok boncenger ini ga cukup empuk. Untuk jok untuk pengemudi juga terlihat cukup landai menunduk kebawah, sehingga untuk bikers yang bertubuh 160cm dipastikan kakinya bisa menapak aspal walaupun tidak sempurna.


Head Lamp Honda CBR 150R Facelift

Bagian head lamp atau lampu depan, motor sporty ini sudah menggunakan teknologi lampu LED yang menyala dikedua sisinya berbeda dengan rivalnya Yamaha R15 yang hanya menyala satu sisi saja.  Di headlamp ini kita akan menemukan ada 4 cluster lampu LED dimasing-masing sisi (total 8 cluster LED) dengan daya sekitar 11,4 watt per kluster LED yang sangat cukup menerangi untuk rider yang doyan keliling malam hari.
Headlamp Honda CBR 150R Facelift 2016
Selain itu All New Honda CBR 150R 2016 ini juga dilengkapi lampu pass beam dengan jumlah 3 dimasing-masing sisi (total 6 cluster LED) yang memiliki daya sekitar 14,2 watt untuk setiap cluster LED dengan warna cahaya putih khas lampu LED, pastinya sangat terang sekali untuk menge-beam kendaraan lain. Mantab kan bro-sist? Menariknya lagi nih bro-sis, Honda CBR150R Facelift ini juga dilengkapai lampu senja (DLR) yang berbentuk seperti alis mata diatas lampu utama dengan daya 4,2 watt untuk setiap lampu. Tambah menohok aja nih motornya!

Lampu Sen Honda CBR150R Facelift

Lampu sein Honda CBR 150R Facelift 2016
Motor tanpa lampu sen? Bagiakan masak tanpa garam bro, soalnya begitu vital lampu sen ini bro. Nah untuk lampu sen di motor keluar bulan febuari ini memiliki bentuk aerodinamis hexagonal (sarang lebah) minimalis yang terpasang di spekboard bagian belakang dan samping headlamp untuk bagian depannya. Menariknya, lampu Sen yang digunakan pada motor ini juga menggunakan lampu LED dengan daya 4,2 watt.

Spekboard Belakang Honda CBR 150R Facelift

Keunggulan Honda CBR 150R Facelift 2016 info grafis

Dengan bahan hampir 80% plastik yang didesain dengan buritan tegas menambah kesan sport. Menariknya, spekboard ini sangat mudah sekali untuk bongkar pasang lhoh dimana sen belakang juga ikut menempel dispekboard. Btw, kenapa bahannya menggunakan plastik kenapa tidak logam saja? Coba saja bayangkan jika suatu waktu terjadi hal darurat (semoga saja tidak) harapannya spekboard ini bisa langsung pecah, coba kalau denga material logam? Wah malah bisa menusuk dan bahaya, toh spekboard ini sngat ready bongkar pasang.


Rangka/ Frame Honda CBR 150R Facelift

Rangka Honda CBR 150R Facelift 2016, Frame Honda CBR 150R Facelift 2016

Mengusung tema sport, motor honda CBR 150 series terbaru ini menggunakan frame Truss Diamond Frame dengan peletakkan stang agak menekuk kebawah, digadang-gadang akan memberikan fleksibilatas dan rigidity yang mumpuni. Selain itu penambahan seat trail dan pivot plate yang membuat motor ini tampil bak motor ducati namun tetap stabil untuk dikendarai.

Suspensi Honda CBR 150R Facelift

Suspensi depan Honda CBR 150R Facelift 2016
Menggunakan suspensi tunggal berwarna merah yang didukung dengan  Pro-link pada bagian belakang yang menambah stabilitas saat berkendara dikecepatan tinggi dan meredam getaran saat melibas dimedan yang kurang bersahabat. Namun sayangnya untuk suspensi bagian depannya, motor CBR ini masih menggunakan suspensi Teleskopik yang kurang greget saat melewati jalan bergelombang, mungkin ini seharusnya lebih ditingkatkan lagi oleh Pabrikan PT. Astra Honda Motor.

Speedometer Honda CBR 150R Facelift

Speedometer Honda CBR 150R Facelift 2016
Di era serba digital ini, Motor keluaran terbaru honda juga harus bisa mengikuti jaman, terbukti dari dashboard panel speedometernya yang tampil dengan desain terlalu minimalis untuk montor sport kelas atas namun tetap full LCD dengan warna dasar biru langit. Suatu peningkatan yang ciamik, terus informasi apa saja yang bisa kita pantau dari speedometer digital ini? Oke mari kita bahas.
  • Takometer berbentuk kotak memanjang terletak diatas sendiri. Mempunyai fungsi untuk membaca putaran mesin dalam satuan rpm (rotation per minute). Di takometer ini tercatat angka 12000 rpm walaupun sebenarnya mesin Honda CBR150R Facelift ini hanya dibatasi sekitar 10500 rpm saja
  • Speedometer untuk mengukur kecepatan kita saat berkendara dengan satuan km/jam.
  • Gear indicator potition terletak disamping ordometer dengan bentuk 7 segment kotak batang digital.
  • Jam Digital yang terletak dibawah takometer
  • Fuel Level Meter berbentuk kotak batang mempunyai fungisi untuk melihat kondisi bahan bakar di tangki BBM.
  • Ordometer/ Trip A-B untuk mengukur jarak bepergian anda dari tempat A ke tempat B
  • Fuel Consumption Meter untuk mengukur konsumsi bahan bakar yang terletak tepat dibawah jam digital.
  • Indikator suhu mesin yang hanya berbentuk lampu peringatan saja, penurunan dari versi CBR sebelumnya.
Indikator suhu mesin yang hanya berupa lampu, membuat kurang informatif

Ban Honda CBR 150R Facelift 2016

Ban Honda CBR 150R Facelift 2016
Untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara, honda memilih ukuran ban lebar dengan spesifikasi standart  100/80 – 17 52P untuk roda bagian depannya dan 130/70 – 17 62P untuk bagian belakangnya dimana keduanya berjenis ban tubeless. Dengan menggunakan ukuran dan jenis ban tersebut akan membuat motor lebih menggigit aspal dan memaksimalkan spake saat berkendara.

Mesin Honda CBR 150R Facelift 2016

Mesin Honda CBR 150R Facelift 2016

Mesin yang barlabel DNA-MotoGp serta digunakannya mesin 4 Tak DOHC yang memiliki 6 kecepatan dapat menghasilkan torsi atau tarikan yang mumpuni diawal dan mendapatkan tenaga yang cukup saat ditengah. Worth it banget! Dengan menggunakan engine mount 40 derajat, diperbesarnya thorttle body untuk efisiensi intake dan ratio kompresi sebesar 11,3 membuat motor CBR 150R Facelift ini mengeluarkan tenaga yang melimpah sejak akselerasi awal. Yang intinya mesin dari honda CBR 2016 ini benar-benar dirombak total mulai dari thorthle, crankcase, silinder dan head silinder. Penambahan fitur PGM-FI (Programmed Fuel Injection) tidak lupa disematkan di mesin Honda CBR 150R terbaru ini yang membuat semakin hemat bahan bakar dan tetap ramah lingkungan.
Baca Juga:
Inspirasi Modifikasi Yamaha RX-King

Oke kalu begitu mari kita bandingkan mesin Honda CBR150R Facelift 2016 dengan versi pendahulunya CBR150R 2015.

Model Motor
Daya Maksimum/Power
Torsi Maksimum
All New CB 150 R 2015
12,4 KW (16,9 PS)/9000 rpm
13,8 Nm (1,41 kgf,m)/7000 rpm
All New CBR 150 R 2016
12,6 kW (17,1 PS )/9000 rpm
13,7 Nm (1.50 kgf.m)/7000 rpm







Pilihan Varian Warna dan Penampakan Honda CBR150R Facelift

Untuk memenuhi kenginan konsumen, honda mengeluarkan beberapa pilihan warna honda CBR150R facelift terbaru dengan penampakan yang cukup menantang. Adapun pilihan warnanya yaitu ada revolution white, nitro black, racing red, dan repsol honda colour yang semuanya bisa dilihat dibawah.

Varian Honda CBR 150R Facelift 2016

Harga Honda CBR150R Facelift 2016 

Memang pabrikan honda membuat motor ini untuk segmen pasar keatas dengan harga yang cukup wow. Tapi sebanding juga sih dengan yang didapatkan, inilah daftar harga CBR150R Facelift terbaru.

Seri revolution white harga: Rp. 32.500.000
Seri Nitro Black harga: Rp. 32.500.000
Seri Racing Red harga: RP. 33.100.000
Seri Repsol Honda Colour harga: Rp 33.300.000

Nah kenapa harga dari setiap seri bisa berbeda-beda? Salah satu alasan yang kuat yaitu karena di penampakan honda CBR 150R terbaru seri racing red menggunakan warna yang cukup bervariasi (dual tone) mulai dari strip bodinya, tangki bahan bakarnya bahkan untuk block mesin menggunakan warna emas, coba bandingkan dengan seri yang lain? Terus untuk seri repsol juga lebih mahal, ya karena emang limetd edition dan special edition, pastinya mempunyai harga yang lebih mahal donk ya.
Catatan Penting.
  • Harga All new Honda CBR 150R diatas masih dapat berubah sewaktu-waktu
  • Harga All new Honda CBR 150R diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Kemungkinan besar di setiap daerah memiliki harga all new honda CBR 150R yang berbeda-beda

Kelebihan Honda CBR150R Facelift 2016

  1. Memiliki dimensi yang lebih ekonomis dari pada versi pendahulunya.
  2. Tampilan lebih meruncing kebawah tidak tegap seperti pendahulumya, selain itu posisi stang, posisi jok motor dan tangki lebih ergonomis dan pas sesuai lekukan tubuh.
  3. Frame sambungan las-lasan lebih rapi dan tertata dan tidak terlalu bergelombang, selain itu bagian titik-titik yang disambungkan begitu tersembunyai dan hampir tak nampak, beautiful! 
  4. Memiliki berat yang lebih ringan akibat dari pemotongan lebar tangki, penggunaan rangka yang solid. Total motor ini memiliki beban 135kg sedangkan honda cbr 150r versi sebelumnya mempunyai berat 143 kg.
  5. Spekboard dapat dibongkar pasang, istilahnya plug and play yang juga sekaligus bisa digunakan untuk pegangan saat memindahkan motor diparkiran.
  6. Honda CBR 150R Facelift 2016 ini menggunakan teknologi pencahayaan terbaru, mulai dari headlamp, sen, stoplampy yang semuanya menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode) yang lebih hemat energi dan cahayanya terang.
  7. Menngunakan speedometer full digital tampilan LCD warna biru langit, yang semua informasi kendaraan terekam di dashboard speedometer ini.
  8. Sistem pendinginnya menggunakan teknologi pendingin cairan dimana kipasnya sudah eletrik dan otomatis
  9. Digunakannya sistem suplay bahan bakar  Programmed Fuel Injection (PGM-FI) yang membuat motor CBR150R terbaru ini lebih ramah lingkungan dan lebih irit

Kekurangan Honda CBR150R Facelift 2016

  1. Untuk indikator suhu mesin hanya menggunakan penanda cahaya yang kurang informatif , jauh berkurang dari versi sebelumnya.
  2. Tidak disediakannya tombol engine kill switch, sehingga untuk mematikan mesin motor ini harus via kunci kontak motor.
  3. Winshield terlalu pendek, yang membuat tampilan kurang cihuy.
  4. Spion tidak bisa dilipat layaknya rivalnya, sehingga jika kepengen dilipat kita harus membelikan spion milik ninja, atau spion variasi yang banyak bertebaran dipasaran.
  5. Suspensi bagian depan masih menggunakan teleskopik sehingga redaman suspensinya agak keras.

Spesifikasi motor Honda CBR150R Facelift terbaru singkat

Mesin Motor
Tipe mesin : 4langkah,DOHC – 4katup.
Volume langkah : 149.16cc
Sistem pendingin : Liquid Cooled with Auto Fan
Sistem suply bahan bakar : PGM-Fi
Diameter x Langkah : 57.3 x 57.8mm
Tioe transmisi : manual, 6 percepatan
Perbandingan kompresi : 11.3 : 1
Daya maksimum : 12.6kW(17.1 PS/9000rpm)
Torsi maksimum : 13.7Nm (1.40kgf.m/7.000rpm)
Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starting sistem : Eleltrik starter
Kapasitas minyak pelumas : 1.1
Dimensi Motor

Dimensi Motor
Panjang x Lebar x Tinggi : 1.983 x 694 x 1.083 mm.
Jarak sumbu roda : 1.311 mm
Jarak terendah ketanah : 166
Ketinggian tempat duduk : 787 mm
Berat kosong : 135kg
Kapasitas tangki BBM : 12liter

Rangka Motor
Tipe rangka : Diamond (truss) frame
Ukuran ban depan : 100/80-17 52P (tubeless)
Ukuran ban belakang : 130/70-1762P (tubeless)
Tipe rem depan : Cakram hidrolik
Tipe rem belakang : Cakram hidrolik
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe auspensi belakang : Lengan ayun dengan suspensi tunggal (sistem prolink)

Kelistrikan Motor
Sistem pengapian : Full transistered
Tipe baterai /Aki : MF Wet 12V 5Ah
Tipe busi : NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9.

Marchandise Apa Saja yang Didapatkan?

Dengan membeli motor honda CBR 150R terbaru 2016 ini, anda dapat mendapatkan bingkisan menarik dari Astra Honda Motor seperti yang telah saya kutip di welovehonda, antara lain jaket kulit ala rider yang tampil modis, helm full face sporti, sarung tangan, topi, seperti gambat dibawah. Namun tetap tergantung kesediaan marchandise di setiap dealer, biasanya sih gitu.
Baca Juga:
Hal-Hal Menarik Yang Hanya Dimiliki Pengendara RX-King


Aksesoris Honda CBR 150R Facelift 2016

Itulah review lengkap mengenai harga, sepesifikasi, kekurangan dan kelebihan motor honda CBR Facelift 2016. Setiap kendaraan pastilah mempunyai kekurangan tidak bisa sempurna 100 persen. Jadi semakin mantab membeli motor ini? Semoga review ini bisa menjadi refrensi anda saat akan membeli motor sport terbaru saat ini. Tetap tunggu review yang lain dan berhati-hati dijalanan, patuhilah lalu lintas kendaraan.

Related Posts

3 komentar:

  1. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






    ReplyDelete
    Replies
    1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4 angka ((( 8957 ))) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,DI NO Cll (((082-313-336-747)))
      insya allah anda bisa seperti Saya menang togel 579
      juta, wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..


      Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
      anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
      butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: Cll (((082-313-336-747)))



      KLIK DISINI >*>*>* BOCORAN TOGEL SINGAPURA HARI INI *<*<*<


      angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

      angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

      angka GHOIB; malaysia

      angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/


      angka GHOIB; laos






      Delete