Resep dan Cara Membuat Growol

shares |

Resep dan Cara Membuat Growol


Lungo.id – Resep dan cara membuat growol sebenarnya sangat mudah dilakukan. Growol sendiri adalah makanan tradisional dari Kulonprogo. Umumnya growol ini terbuat dari singkong atau ketela pohon. Growol di Kulonprogo sendiri biasanya disajikan saat pagi hari, karena bahan utamanya adalah singkong atau ketela pohon maka wajar saja bila kandungan karbohidratnya sangat tinggi dan cocok untuk sumber tenaga ketika akan menjalan aktivitas. Pembuat growol tradisional saat ini semakin sedikit, rata-rata pembuat growol sudah berusia enam puluh tahunan. Sebenarnya pada jaman dahulu, fungsi growol yaitu sebagai pengganti nasi, dikarenakan jaman dahulu padi tidak seperti sekarang yang mudah didapat. Maka untuk mengganti sumber karbohidrat, growol adalah solusinya sama dengan tiwul dan gatot. Untuk resep dan cara membuat growol sendiri terhitung sangat sederhana yang gampang dilakukan, yaitu hanya dengan berbekal umbi ketela pohon yang sudah dikupas kulitnya lalu direndam selama tiga hari berturut turut.
cara membuat growol
Growol, makanan yang cocok bagi penderita diabetes melitus
Growol lumayan mudah ditemukan di kabupaten Kulon progo, terutama di Pasar tradisional, seperti di pasar wates, pasar sentolo. Bagi yang ingin mengicipi bisa mampir lhoh ke Pasar Wates, karena akses ke Pasar Wates ini lebih mudah dijangkau bagi kamu yang berangkat dari kota Jogja. Dalam sejarah, di serat Centhini yang ditulis pada 1814 menceritakan makanan sayur besengek, umumnya sayur ini dihidangkan dengan nasi, namun oleh masyarakat Kulon Progo sayur ini ditemani oleh growol. Selain sayur besengek growol juga kerap ditemani pentho yang berbahan baku kelapa muda dan telur, sedangkan kethak yang berbahan baku endapan dari pengolahan minyak kelapa.Biasanya. Di pasar tradisional,growo dijual sepaket antara ketak dan pento maka biasanya dijual menjadi satu paket.

Bahan Membuat Growol


  • 1 kilogram atau 1.000 gram singkong/ ketela pohon
  • ¼ butir kelapa
  • Air bersih

Alat Membuat Growol

  • Ember atau baskom
  • Parut kelapa
  • Panci, kompor
  • Daun pisang
  • Pisau

Cara Membuat Growol


  1. Siapkan bahan-bahan dan bumbu untuk membuat hidangan growol khas Kulonprogo ini.
  2. Setelah itu, ambil singkong dan kupas. Kemudian cuci hingga bersih lalu rendam dalam air selama kurang lebih 3 hari
  3. Kalau sudah 3 hari, angkat dan tiriskan singkong tersebut. Berikutnya adalah proses menumbuk singkong hingga halus
  4. Setelah ditumbuk dan halus, bungkus dan kukus singkong tersebut selama beberapa menit hingga matang, lalu angkat
  5. Selanjutnya taruh di atas tampah dan padatkan. Kemudian potong-potong growol sesuai selera dan hidangkan di piring saji bersama parutan kelapa
cara membuat growol khas kulonprogo

Itulah resep growol makanan tradisional khas Kulonprogo. Sangat mudah sekali kan? Penggunaan bungkus pisang bertujuan agar growol mempunyai bau yang harum dan rasa lebih khas, namun apabila tidak ingin ribet, tidak dibungkus daun pisangpun tidak masalah. 

Baca Juga:

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment